Kekayaan yang sejati ialah pada saat kita bersyukur selalu dan kemiskinan ialah pada saat kita mengeluh selalu

Monday, May 23, 2016

Kesesatan karena menghiraukan doktrin Alkitabiah.


A.   Pendahuluan
Penulisan ini ditulis, karena banyak orang Kristen telah menghiraukan pengajaran Alkitabiah (doktrin Alkitabiah), bahkan pemimpin-pemimpin gereja telah melupakan hal tersebut. Menjadi permasalahan saat gereja tidak memberikan doktrin Alkitabiah kepada jemaat akan mengakibatkan jemaat tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menyerang iman Kristen. Jadi perbedaan ini sangat jelas, gereja yang memberikan doktrin Alkitabiah akan lebih kuat dalam pengajaran dan selanjutnya di aplikasikan ke masa kini, dibanding dengan gereja yang khotbah praktis-praktis aja. Khotbah yang praktis-praktis bukan alasan karena jemaat bodoh, tetapi yang harus dipraktiskan yaitu cara penyampaian untuk dimengerti oleh jemaat walau dengan penafsiran yang sangat mendalam. Namun sebaliknya orang yang khotbah praktis-praktis aja karena pengkhotbah tersebut tidak mau belajar untuk tunduk pada Alkitab, namun konsep pemikiran yang dipaksakan kepada ayat Alkitab tanpa melihat latarbelakang dan konteks maka mendapatkan khotbah yang praktis namun sesat.
Dalam hal ini Gereja-gereja lokal harus bertanggung jawab dalam memberikan pengajaran kepada jemaat-jemaat atau anggota gereja, hal ini disebut dengan doktrin gereja yang berdasarkan kebenaran alkitabiah. Dari pengajaran tersebut memberikan pengetahuan bahkan peneguhan kepada jemaat mengenai Dasar Iman Kristen dan dapat memberikan pertanggung-jawaban kepada orang-orang yang bertanya mengenai iman orang percaya (1 Petrus 3:15). Hal tersebut memberikan kerinduan penulis untuk membahas pentingnya pengajaran Alkitabiah (Doktrin Alkitabiah).

B.   Pengajaran Iman Kristen dalam Gereja
1.     Pentingnya pengajaran Iman Kristen.
Tuhan Yesus memberikan pengajaran kepada orang-orang yang dijumpainya baik itu di sinagoge maupun di luar sinagoge, yang dilakukan Tuhan Yesus Kristus memberikan kesan bahwa pengajaran dari Allah sangatlah penting untuk diberitakan kepada orang-orang. Dalam hal inipun juga memberikan penjelasan, kenapa pengajaran Iman Kristen sangatlah penting, yaitu :
a.     Pentingnya pengajaran Iman Kristen karena Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus.
Dalam mempertahankan iman Kristen tentu orang percaya harus mempelajari Doktrin Alkitabiah mengenai pengajaran iman Kristen. Pengajaran Iman Kristen adalah perintah Tuhan Yesus Kristus dalam Amanat Agung-Nya, “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." (Matius 28:19-20). Penyampaian Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus memberikan indikasi bahwa pengajaran Iman Kristen sangatlah penting dengan menggunakan kata “ajarlah” dalam bahasa Yunani ialah  διδάσκοντες (didaskontes), maka kata “ajarlah” memberikan kesan adanya pengajaran yang akan diberikan (Markus 1:21), maka orang percaya tidak boleh menghindari pengajaran Iman Kristen atau menghiraukan pengajaran.
b.     Pentingnya pengajaran Iman Kristen sebagai kewaspadaan terhadap pengajaran sesat yang memakai lebel ke Kristenan.
Tuhan Yesus Kristus, telah memberikan pesan kepada murid-murid-Nya untuk masa yang akan datang mengenai penyesat, Jawab Yesus kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu! Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang (Matius 24:4-5). Tentu penyesat tersebut memberikan pengajaran sesat yang menggunakan nama Yesus Kristus untuk mengelabui orang yang tidak mengerti pengajaran Iman Kristen, sehingga orang yang tidak mengwaspadai kesesatan tersebut akan meninggalkan kebenaran dan mengikuti kesesatan dari nabi-nabi palsu, “Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga” (Matius 24:24). Realita masa kini ialah banyak pembicara-pembicara yang terlihat salah dalam pengajarannya namun tetap banyak pengikut, disebabkan kefasihan dalam berbicara sehingga dapat menarik orang-orang karena terlihat bagus khotbah namun memberikan kesesatan dalam pengajaran sebab tidak ada kebenaran melainkan cerita isapan jempol (2 Timotius 4:3-4).  Dengan ini sangat pentinglah pengajaran Dasar Iman Kristen untuk orang-orang percaya, sehingga bisa memelihara atau meneguhkan imannya dari pengajaran sesat.   

c.      Pentingnya Doktrin Alkitabiah (pengajaran Iman Kristen) sebagai mempertahankan Iman Kristen dari penyerang ke Kristenan.
Pada masa kini banyak sekali pengajaran-pengajaran yang menyerang Iman Kristen, seperti ilmu filsafat, ateisme, evolusionisme, dll. Jika seorang Kristen tidak memiliki pengajaran Dasar Iman Kristen berpijak yang kuat, maka akan terserang oleh pengajaran non Kristen. Dalam hal ini orang percaya pada Tuhan Yesus Kristus, harus mempunyai pengertian ajaran Kristen dan mengkhotbahkan, mengajarkan dan mengkomunikasikan ajaran Kristen kepada orang lain (Mrk 4:2; Kis 2:42; 2 Tim 3:10; 2 Tim 4:2; Tit 1:9), sehingga orang Kristen mampu meyakinkan orang lain dan mampu bertahan terhadap serangan-serangan dari si jahat. Orang Kristen yang tidak mengusai doktrin (pengajaran) maka orang Kristen tersebut tidak sanggup menolong orang lain untuk mengerti kebenaran.
C.Kesimpulan.
Dalam pengertian yang sudah dijelaskan pada bagian atas, bahwa pengajaran sangalah penting bagi orang Kristen. Pengajaran yang dikuasai oleh orang percaya dapat memberikan dampak yang baik dan  untuk memuliakan Allah, sebab telah mempertanggung jawabkan imannya kepada Tuhan Yesus Kristus.
Orang Percaya yang telah menguasai pengajaran  Iman Kristen dapat menolong orang-orang yang belum mengenal Kristus untuk percaya kepada Tuhan Yesus Kristus dan sebaliknya yang tidak menguasai pengajaran Iman Kristen dapat terombang ambing terhadap serangan yang diajukan kepada orang Kristen.













DAFTAR PUSTAKA

Liaw, Suhento.  Doktrin Gereja Alkitabiah. Jakarta : Gereja Baptis Independen Alkitabiah Graphe.
Rintis, Iswara.2010. Teologi untuk semua orang. Bandung : Lembaga Literatur Baptis.
Robirosa S, S. Christian.2013. Dua Jenis Orang Kristen Didalam Gereja. Back to The Bible Publication.



No comments:

Post a Comment