Kekayaan yang sejati ialah pada saat kita bersyukur selalu dan kemiskinan ialah pada saat kita mengeluh selalu

Sunday, March 27, 2016

Yesus Kristus adalah Tuhan, makna kata "KURIOS" κύριος



Yesus Kristus adalah Tuhan

A. Pendahuluan
Pertanyaan yang sangat sering diajukan kepada orang Kristen dari setiap zaman hingga saat ini, yaitu ke-Tuhanan Yesus Kristus. Tetapi mungkin ini juga pertanyaan dari para jemaat ataupun anak muda yang belum begitu terlalu dalam memahami firman Tuhan sehingga hanya menerima tanpa dasar kebenaran Firman Tuhan.
Dalam bagian ini sangatlah tepat untuk membahasnya, sehingga anak muda dapat memperlengkapi diri dengan kebenaran dan menjadi teguh dalam keimanan yang mempercayai Yesus Kristus adalah Tuhan.

B. Pertanyaan yang berkembang pada masa kini.
Ada pertanyaan kritis dari non Kristen, untuk menyatakan bahwa Yesus bukanlah Tuhan. Mulai berkembangnya waktu pada masa modern, banyak buku-buku yang beredar dan tulisan-tulisan di dunia maya (internet) bahkan sampai kepada media sosial yang menyatakan Yesus bukanlah Tuhan.
Pertanyaan dan penyataan, kritis yang berkembang, yaitu

1. Yesus bukanlah Tuhan, karena kata “Tuhan” dalam Yunani “κύριος (kurios)” menunjuk kepada tuan bukan Tuhan. Hal tersebut menjadi kesalahan bagi umat Kristen yang sudah menganggap bahwa Yesus adalah Tuhan karena terjemahan Alkitab yang salah.
2. Yesus bukanlah Tuhan, maka Yesus bukan Tuhan Sang Pencipta, karena dalam kitab orang Nasrani dalam ciptaan tidak disebut nama Yesus.
3. Dalam hal tersebut, tidak ada bukti bahwa Yesus sebagai Tuhan, bagaimana orang Kristen bisa membuktikannya ?


C. Jawaban dari pertanyaan yang berkembang pada masa kini
1. Penggunaan kata “Tuhan”, dalam bahasa Yunani κύριος (kurios).
Kata κύριος (kurios), dibagi menjadi dua arti yaitu Tuhan dan tuan. Kata κύριος (kurios) juga digunakan kepada orang yang mempunyai kedudukan yang lebih tinggi, seperti untuk kaisar Roma atau dewa-dewa. Tetapi untuk orang-orang Yahudi kata κύριος (kurios) mempunyai arti yang sangat khusus, karena sering digunakan sebagai pengganti kata YHWH dalam kitab LXX (Septuaginta) . יהוה(YHWH) adalah nama yang tepat dari “Allah Israel” . Harris juga memberikan penjelasan bahwa יהוה(YHWH) dalam Theological Wordbook of the Old Testament mengarah kepada nama pribadi dari Allah.  
Dalam kitab Injil Lukas pengunaan kata κύριος (kurios) yang mempunyai arti “Tuhan dan tuan” sering dipakai oleh Lukas, tetapi kata κύριος (kurios) yang mengarah kepada Yesus Kristus mempunyai makna arti “Tuhan” bukan mengunakan kata “tuan”, walaupun κύριος (kurios) mempunyai dua arti (Tuhan dan tuan). Sebab keilahian Yesus Kristus sehingga kata κύριος (kurios) mempunyai arti “Tuhan” yang digunakan khusus Yesus Kristus seperti kata κύριος (kurios) karena keilahian Yesus Kristus seperti kebangkitan Tuhan Yesus Kristus (Lukas 24:34) ,sedangkan untuk kata κύριος (kurios) yang juga mempunyai arti “tuan” mengarah kepada pemilik atau pemimpin (Markus 12:9).
Dalam Injil Yohanes adanya pengakuaan dari Thomas, bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Allah, memberikan pengakuan bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan Allah Sang Pencipta langit dan bumi (Yohanes 20:28).

2. Yesus, Allah Sang Pencipta.
Dalam penjelasan yang sudah dijelaskan mengenai Kata κύριος (kurios) yang digunakan kepada Tuhan Yesus dalam Perjanjian baru, yang mempunyai arti dalam Perjanjian Lama dari tulisan Yunani Septuaginta, ialah TUHAN (YHWH). Dalam hal ini menjelaskan bahwa kata “TUHAN” dalam Perjanjian Lama mengarah kepada Tuhan Yesus Krsitus, termasuk dalam penciptaan yang terdapat dalam Keluaran 20:11, yaitu :
“Sebab enam hari lamanya TUHAN (κύριος)  menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya”.
Thomas Hwang mengatakan, bahwa Musa menyatakan kepada suatu pribadi yaitu Yesus Kristus sebagai pencipta segala sesuatu, karena “TUHAN” yang mempunyai terjemahan dari Yehova (YHWH), yang dalam bahasa Yunaninya  κύριος (kurios) yang menunjuk kepada Yesus Kristus, dan Kejadian 1:1 kata “Allah” berbentuk jamak, maka Yesus adalah salah sastu dari Allah Pencipta,
Jadi, penjelasan tersebut memberikan kebenaran bahwa Yesus Kristus adalah TUHAN, dalam Perjanjian Lama kata “TUHAN (κύριος), mengarah kepada pribadi Yesus Kristus sebagai Sang Pencipta.

3. Apa yang Tuhan Yesus Kristus lakukan hanya dapat dilakukan oleh Allah.
a. Setiap ucapan dari Yesus Kristus setara dengan ucapan Allah, seperti saat Tuhan Yesus berkata kepada seorang perempuan yang berdosa, bahwa dosamu telah diampuni (Lukas 7:48-50), hanya Allah yang berotoritas untuk mengampuni dosa manusia, maka apa yang dilakukan Yesus Kristus setara dengan otoritas Allah. Hal ini bisa dilakukan-Nya karena Yesus Kristus adalah Allah yang memiliki otoritas untuk mengampuni dosa manusia.

b. Yesus Kristus menenangkan taufan dan ombak, apa yang Yesus lakukan hanya dapat Allah yang
melakukannya (Markus 4:39). Sangat masih banyak dalam Injil Matius, Markus, Lukas dan Yohanes, bahwa Yesus melakukan banyak mukjizat yang tidak bisa dilakukan oleh manusia.

c. Kebangkitan Yesus memproklamasikan bahwa Yesus adalah Tuhan (Kis.2:36, Roma 1:4).

D. Kesimpulan.
Yesus Kristus adalah Tuhan, sebab pemakaian kata κύριος (kurios) mempunyai arti Tuhan, mengarah kepada keilahian Yesus Kristus. Hal tersebut memberikan peneguhan bagi orang percaya, apa yang dilakukan oleh Tuhan Yesus Kristus hanya bisa dilakukan oleh Allah, sehingga memberikan bukti bahwa Yesus adalah Tuhan. Dari setiap sejarah agama-agama, hanya Yesus Kristus yang mempunyai otoritas untuk menghapus dosa manusia dan bangkit dari kematian untuk membuktikan Dia adalah Tuhan.




DAFTAR PUSTAKA

Guthrie, Donald. Teologi Perjanjian Baru 1. Jakarta : BPK Gunung Mulia, 2012.
Brown, Driver, Briggs. Hebrew and English Lexicon (Unabridged). Bibleworks 8.
Harris, Theological Wordbook of the Old Testament. Bibleworks 8.
Hwang, Thomas. Kristologi. Yogyakarta :  AMI Publication Korea, 2011.
Criswell, W.A. Pencipta dan Penebus Tangerang: Sekolah Tinggi Teologi Injili Philadelphia, 2006.
Pandensolang. Kristologi Kristen. Jakarta : YAI Press, 2009.

4 comments:

  1. Shalom, akan lebih baik bila kata Kurios diterjemahkan menjadi Tuan saja, tanpa bermaksud menyangkali keilahian dari Yesus Kristus/Yeshua haMashiach. Sebab bagaimana mungkin Dia yang hadir sebagai manusia kita sebut Tuhan manakala Dia sendiri memiliki darah dan daging seperti kita? dengan pengecualian Yeshua itu kudus dan tidak berdosa. Yeshualah Tuan atas segala sesuatu karena kuasa yang diserahkan kepadaNya oleh Bapa di surga. Diberkatilah Engkau Bapa kami yang ada di surga kaeena telah menyerahkan segala kuasa kepada Yeshua haMashiach, AnakMu, Tuan dan Juruselamat kami. HaleluYah.

    ReplyDelete
  2. Statement anda mirip dgn SAKSI JEHOVAH yg menyangkal keilahian JESUS KRISTUS. Sementara kami yg berazas TRITUNGGAL percaya dgn keilahian Jesus. Kita memang beda. So be it my prenz. You do what you think and we do ours.

    ReplyDelete
  3. Yesus Kristus adalah Tuan/Tuhan di atas segala tuan

    ReplyDelete
  4. Yesus adalah Tuan dalam kemanusiaanNya dan Tuhan dalam keIlahianNya (Kurios) dan Yesus juga TUHAN (YHWH) Dan Elohim/Allah/God(Theos) satu satunya Allah yang benar. Yoh 20:28.

    ReplyDelete