Kekayaan yang sejati ialah pada saat kita bersyukur selalu dan kemiskinan ialah pada saat kita mengeluh selalu

Sunday, March 6, 2016

Menjawab “101 Bukti Yesus Bukan Tuhan” mengenai silsilah Yesus Kristus




Pendahuluan
Dalam penulisan ini, penulis mau memberikan jawaban dari buku 101 Bukti Yesus Bukan Tuhan. Kenapa penulis harus memberikan jawaban, karena tidaklah adil jika Alkitab ditafsir dengan pandangan pikiran sendiri (itu namanya negative thinking), tanpa melihat maksud penulis kitab, latar belakang dan gramatikal bahasa Ibrani (Perjanjian Lama) dan Yunani (Perjanjian Baru). Penulisan ini hanya mau memberikan kebenaran yang sesungguhnya karena tulisan “101 Bukti Yesus Bukan Tuhan” memasukkan ayat Alkitab dan ditafsirkan dengan pikirannya sendiri. Dalam tuntunan Roh Kudus, penulis akan menjelaskan mengenai silsilah Tuhan Yesus sesuai perkataan Firman Tuhan dan maksud Firman Tuhan.

Isi.
Dalam tulisan “101 Bukti Yesus Bukan Tuhan”, membahas mengenai “Silsilah Yesus Kristus” dalam Kitab Injil Matius 1:1 dan memberikan penegasan (tanpa melihat latar belakang penulisan dan maksud penulis) bahwa Yesus dilahirkan oleh manusia, maka Yesus adalah manusia dan bukan Tuhan. Setiap silsilah pasti manusia, Yesus bersilsilah berarti Yesus bukan Tuhan.
Jawaban :
Dalam Matius 1:1-17 membahas mengenai silsilah Tuhan Yesus Kristus, tentu  mempunyai maksud yang penting. Penulisan silsilah mempunyai tujuan yaitu mendapatkan asal-usul garis keturunan yang sangat penting, sebab dari silsilah tersebut memberikan pesan tentang pengenapan kedatangan Mesias yang dinubuatkan dalam Perjanjian Lama (hal ini tidak diungkapkan oleh penulis “101 bukti Yesus Bukan Tuhan”).
Penulis ingin mengajak untuk melihat tokoh Abraham (Matius 1:2) yang tertulis dalam silsilah Tuhan Yesus untuk memberikan tekanan kepada janji Allah kepada Abraham yaitu “… olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat” (Kejadian 12:3; 22:18), janji tersebut digenapi oleh Tuhan Yesus Kristus, bahwa Tuhan Yesus Kristus menjadi berkat bagi bangsa-bangsa lain. Sedangkan Daud adalah tokoh besar bagi bangsa Israel, janji kerajaannya akan kokoh selamanya (2 Samuel 7:12,16; Mazmur 89:4) dan menjadi pengenapan dari nubuatan Mesias dengan gelar Anak Daud (2 Samuel 7:12, Yeremia 33:17). Nubuatan dari tunggul Isai mengenai Raja Damai yang akan datang (Yesaya 11:1, 10). Jadi, sangat penting Matius menulis silsilah tersebut, karena dengan menyebut anak Daud dan anak Abraham memberikan pesan mengenai janji Allah untuk menyelamatkan manusia yang berdosa.
Yohanes 7:42 “Karena Kitab Suci mengatakan, bahwa Mesias berasal dari keturunan Daud dan dari kampung Betlehem, tempat Daud dahulu tinggal." Mesias adalah orang yang diurapi untuk tugas khusus, Tuhan Yesus telah menjadi manusia untuk tugas khusus yaitu menghapus dosa manusia dan menebus jiwa manusia untuk diselamatkan, melalui kematian Tuhan Yesus Kristus semua orang percaya akan diselamatkan dan kematian Yesus mengenapi Yesaya 53.
Maka memberikan jawaban : Yesus Kristus adalah Tuhan yang telah menjadi manusia untuk menghapus dosa dan menebus jiwa manusia, melalui silsilah inilah mempertegaskan bahwa Ia adalah Mesias yang dijanjikan. Kisah Para Rasul 16:31 “Jawab mereka : Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu”
Percayalah kepada Tuhan Yesus, akuilah dosamu dan terima Anugrah Keselamatan dari Tuhan Yesus Kristus. Amin

Damai Sejahtera menyertai kita semua.

No comments:

Post a Comment