Kekayaan yang sejati ialah pada saat kita bersyukur selalu dan kemiskinan ialah pada saat kita mengeluh selalu

Monday, October 13, 2014

Belas Kasihan dalam PI



Matius 9 :35 – 38

            Pada saat manusia jatuh dalam dosa, bahwa Allah inisiatif menyelamatkan manusia sebab manusia tidak bisa menyelamatkan dirinya sendiri. Dalam hal ini pun Tuhan Yesus mencari domba-domba yang terhilang, yang membuktikan Kasih Kristus terhadap ciptaan-Nya. Dalam hal ini menyangkal pengajaran mengenai manusia masuk surga atau neraka karena sudah di tetapkan dari awal penciptaan. Allah tidak menetapkan seseorang untuk masuk neraka, sebab kerinduan-Nya agar seluruh manusia diselamatkan (kasih yang nyata)  “ dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.” (Mat 9 : 35),  “… tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala.” (Mat 9:36)
1.      Dalam pemberitaan Injil Kerajaan Sorga, adanya “Belas Kasihan” yang mengunakan analogi “Gembala”. Tuhan Yesus berkata “.. seperti domba yang tidak bergembala”(ayat 36). Allah yang akan menjadi gembala, yang akan memelihara jiwa mereka (1 Petrus 2:25).  
2.      Dalam pemberitaan Injil Kerajaan Sorga, menggunakan kata “Tuain”, “Tuaian memang banyak tetapi pekerja sedikit” yang digunakan bagi para pekerja kebun atau petani (Yohanes 4:35), sehingga dalam makna teks ini berbicara “tuain” mengacu kepada orang yang siap menanggapi karya keselamatan, di mana ada pekerja-pekerja untuk tuaian ( utusan yang akan memberitakan kepada mereka mengenai kabar keselamatan yaitu Injil Kerajaan Sorga ).

Tuhan Yesus yang menjadi sebuah teladan untuk mempunyai hati belas kasihan pada orang-orang yang tidak mengenal Kristus (jiwanya terlantar) dengan cara memberitakan kabar baik.
( Beritakanlah Injil dan Allah akan menyertai selalu pekerja-pekerja-Nya, sebab tuaian telah menguning)

Melakukan :          Mempunyai hati yang belas kasihan terhadap jiwa-jiwa yang terlantar untuk memberitakan Injil Kerajaan Sorga.
Membagikan:        Sharingkan kepada Komunitas kita dan teman-teman seiman.


No comments:

Post a Comment