Kekayaan yang sejati ialah pada saat kita bersyukur selalu dan kemiskinan ialah pada saat kita mengeluh selalu

Wednesday, October 15, 2014

Peran Jemaat awam dalam PI


Kisah Para Rasul 11:19-26

            Pada saat kita membaca ayat renungan ini, sangatlah indah isi setiap firman Tuhan yang akan kita bahas yaitu mengenai pemberitaan Injil.
Pada waktu saat itu dalam memberitakan Injil sangat penuh pengorbanan bahkan akan mengalami penganiayaan hingga kematian, namun ada yang menarik pada ayat 19 yaitu kematian Stefanus karena penganiayaan oleh anggota-anggota Mahkamah (KPR 7), tidak membuat Injil itu berhenti melainkan Injil tersebut meluas.
Pemberitaan Injil tersebut sampai pada Antiokhia di Siria, di mana mayoritas penduduk tersebut ialah orang non Yahudi dan orang Yunani yang menyembah dewa-dewa dan mempunyai ritual pelacuran sebagai upacara. Dalam Pemberitaan Injil tersebut menjadi sebuah karya keselamatan bagi orang non Yahudi dan orang Yunani karena telah mempercayai  bahwa Yesus adalah Tuhan (ayat 21) “Dan tangan Tuhan menyertai mereka dan sejumlah besar orang menjadi percaya dan berbalik kepada Tuhan”.
Kabar mengenai pertobatan di Antiokhia terdengar sampai kepada jemaat di Yerusalem, sehingga dari jemaat Yerusalem mengutus Barnabas sebagai penasihat mereka, supaya mereka semua tetap setia kepada Tuhan (ayat 24) karena setiap situasi bisa mengombang-ambingkan kepercayaan mereka (Penganiayaan atau ajaran sesat penyembahan berhala). Barnabas membutuhkan sebuah patner dalam mengajar, sehingga ia mencari Saulus (Paulus) untuk mengajar bersama di Antiokhia. Peristiwa tersebut juga menjadi awal pengikut Kristus di sebut sebagai Kristen.


 Dalam renungan ini kita mendapatkan beberapa hal yang berharga untuk peran Jemaat awam dalam Pemberitaan Injil, yaitu :
1.      Memberitakan Injil dalam segala kondisi yang dilakukan oleh jemaat.  Seperti kematian Stefanus tidak menjadi penghalang dalam memberitakan Injil. (Kisah Para Rasul 11:19)
2.      Tangan Tuhan menyertai dalam pemberitaan Injil. (Kisah Para Rasul 11:21)
3.      Harus belajar kepada Hamba Tuhan dalam pengajaran Firman Tuhan untuk tetap setia dan tidak terombang-ambing dalam pengajaran sesat.  (Barnabas dan Paulus mengajarkan kepada jemaat Antiokhia). (Kisah Para Rasul 11:26)


Melakukan :  Pemberitaan Injil adalah tugas seluruh jemaat yang dimulai dari lingkungan kita berada.

Membagikan : Sharingkan kepada komunitas seiman di lingkungan kita.

No comments:

Post a Comment