Kekayaan yang sejati ialah pada saat kita bersyukur selalu dan kemiskinan ialah pada saat kita mengeluh selalu

Monday, March 31, 2014

Saat terjepit makin percaya


1 Samuel 30:1-20

           Pada saat kita membaca pasal dan ayat ini, dan sesuai dengan tema hari ini ialah “Saat terjepit makin percaya. Inilah yang di alami Daud, sesuatu kondisi yang sangat tertekan. Ada beberapa hal yang kita belajar dari firman Tuhan pada hari ini, semua orang pasti pernah mengalami namanya situasi yang membuat mereka tertekan atau terjepit. Tetapi dalam hal ini menjadi sebuah pertanyaan, apakah pada saat tertekan atau terjepit makin percaya atau malahan makin tidak percaya?

    1. Menguatkan kepercayaan kepada Tuhan dalam situasi apapun.
Sebab dikatakan dalam ayat 6 “….Seluruh rakyat itu telah pedih hati, masing-masing karena anaknya laki-laki dan perempuan. Tetapi Daud menguatkan kepercayaannya kepada TUHAN, Allahnya.  è inilah keadaan rakyat yaitu mereka “pedih hati” tetapi dalam hal ini Firman Tuhan mengatakan bahwa “Daud menguatkan kepercayaan kepada Tuhan”
Daud mengalami 2 kondisi dimana kondisi universal (rakyatnya ditawan) dan personal (keluarganya ditawan)  dalam kondisi tersebut ia tidak goyah tetapi “Menguatkan kepercayaan kepada Tuhan”. dalam kitab bahasa Inggis KJV “but David encouraged himself in the LORD his God.” è “encouraged himself” (mendorong dirinya sendiri atau mendukung dirinya sendiri), dan “encouraged himself” ini berbicara mengenai respon Daud dalam menghadapi keadaan terjepit, menghadapi situasi yang tertekan “Responnya” ialah menaruh kepercayaannya kepada Tuhan.

2.      Mengikut sertakan Tuhan dalam  setiap situasi apapun.
Daud tidak mencari jalan keluar dengan mengandalkan dirinya sendiri, tetapi ia mengikut sertakan Tuhan dalam situasi yang dia hadapi. Dalam ayat 8 terlihatlah jelas Daud mencari kehendak Tuhan, dan biar Tuhan campur tangan dalam setiap problemnya. Lihat pada saat Tuhan campur tangan, tidak ada kata yang mustahil karena Tuhan sendiri yang campur tangan (1 Samuel 30:17-20).


Melakukan : Mengandalkan Tuhan Yesus di dalam kehidupan kita, apapun situasinya. Berdoa adalah sebuah komunikasi kepada Tuhan, untuk meminta hikmat dari pada-Nya, dan biarlah hidup kita dibangun di atas prinsip iman.

Membagikan : Sharingkan di keluarga anda, dan saudara seiman.


1 comment: