Kekayaan yang sejati ialah pada saat kita bersyukur selalu dan kemiskinan ialah pada saat kita mengeluh selalu

Saturday, December 24, 2016

Allah yang menjadi “Manusia” untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.


             Pandangan saat kelahiran-Nya “1.      Banyak yang mengatakan bahwa mana mungkin Allah menjadi manusia.
2.      Tidak masuk akal Allah menjadi manusia.
3.      Dll.

Hal itu sering dipertanyakan oleh orang-orang yang diluar pengikut Kristus, namun Firman Tuhan sendiri yang mengatakan bahwa Allah yang ajaib, Allah yang maha besar, Allah yang tak terbatas kuasanya dapat melakukan segala hal. Sehingga tidak ada yang mustahil bagi Dia untuk menjadi manusia.Sangatlah wajar jika mereka tidak mengetahui tujuan Allah menjadi manusia, karena itulah Injil ini ditulis untuk menceritakan kebenaran untuk umat manusia. Hal ini pun yang dikatakan Tuhan Yesus Kristus kepada Pilatus “… Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini, supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku. (Yohanes 18:37).

Tujuan Allah menjadi manusia:1.      Kelahiran-Nya untuk memberikan kesaksian kebenaran mengenai Kerajaan Allah kepada umat manusia. (Yohanes 18:37)
2.      Allah menjadi manusia, bukan untuk main-main ke Bumi. Ada maksud tertentu mengenai Dia menjadi manusia yaitu …mencari dan menyelamatkan yang hilang. (Lukas 19:10)Percakapan terakhir dengan Zakheus menjadi inti dari Injil bahwa Ia menjadi manusia untuk menyelamatkan yang “hilang” ἀπολωλός. (apololos) “tersesat, atau binasa”.3.      Pengenapan janji Allah mengenai kedatangan Messias untuk menebus dosa manusia (Mikha 5:1-2). Hal ini masuk dalam karya keselamatan Allah bahwa manusia tidak bisa menyelamatkan diri-Nya sendiri (doktrin Keselamatan).
Natal yang menceritakan kelahiran-Nya sebagai pengenapan nubuatan para nabi, atas rencana Allah dalam keselamatan umat manusia, maka Yohanes 3:16 mengatakan “karena begitu besarnya kasih Allah”. Natal mengingatkan kembali mengenai janji Allah yang selanjutnya akan digenapi ialah “Kedatangan Kristus yang kedua kali” bahwa  yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman. (Yohanes 6:40).

 Respon orang percaya: Natal adalah kedatangan Raja Damai didalam hati umat-Nya, untuk tetap berjuang terus sampai akhir kehidupan maupun sampai kedatangan-Nya kembali. Amin

No comments:

Post a Comment