Kekayaan yang sejati ialah pada saat kita bersyukur selalu dan kemiskinan ialah pada saat kita mengeluh selalu

Monday, January 9, 2017

Batiniah didewasakan melalui pengajaran Firman Tuhan yang murni


          Seseorang dapat bertumbuh rohaninya jika memiliki pengajaran Firman Tuhan yang murni, dan sebaliknya seorang dapat merasa dirinya bertumbuh namun sebenarnya tidak bertumbuh karena pengajaran Firman Tuhan yang tidak murni. Hal ini sering terjadi seakan-akan dalam posisi pengajaran Firman Tuhan yang benar namun sebenarnya dalam posisi yang tidak benar karena pengajaran Firman Tuhan yang disampaikan tidak murni.

          Firman Tuhan yang murni adalah ditafsirkan sesuai dengan maksud dari teks Alkitab itu sendiri, sedang Firman Tuhan yang tidak murni adalah teks Alkitab yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Hal ini sama seperti Paulus memberikan nasihat kepada Timotius untuk menghadapi pengajaran sesat, yaitu

1 Timotius 4:16  Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.

1.     Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu.
Pengajaran mengenai Firman Tuhan sangatlah penting bagaimana anda memandang Allah. Jika seseorang memandang Allah dengan pengajaran yang salah, maka sangatlah fatal kesalahannya. KJV dan NIV menggunakan kata “doctrine” yaitu pengajaran, tentu berdasarkan Firman Tuhan yang murni. Banyak orang percaya menggunakan ayat untuk kepentingan pribadinya seperti untuk mendukung kesaksiannya padahal Firman Tuhan tidak berbicara seperti itu, termasuk mengenai “penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran… (Yohanes 4:23)” maka kita harus berbahasa roh. Padahal ayat itu tidak berbicara berbahasa roh, terus mengutip ayat Yohanes 4:23 seakan-akan benar. Dalam hal inilah orang percaya harus mengawasi diri dan pengajaran yang kita terima, apakah sesuai dengan Firman Tuhan apa tidak. Tentu mengawasi pengajaran bukanlah kritik, tetapi memberikan diri mencari kebenaran Firman Tuhan yang murni, sehingga mengalami kedewasaan di dalam Kristus.
2.     Pengajaran Firman Tuhan yang murni akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.
Hal yang sama dengan penjelasan yang diatas, saat memandang Allah dengan pola pikir yang salah akan fatal, dan sebaliknya memandang Allah dengan cara yang benar sesuai Firman Tuhan akan menyelamatkan diri kita. Dalam hal inilah orang percaya harus belajar Firman Tuhan bukan hanya para pendeta,atau  missionaris saja, melainkan seluruh orang percaya.

Renungan: Pola pikir yang salah, saat saat mengatakan bahwa Pendeta atau missionaris saja yang belajar Firman Tuhan. Tetapi seluruh orang percaya harus mempercayai kebenaran Firman Tuhan.

No comments:

Post a Comment